Manajemen Supply Chain yang Efektif

Banyak perusahaan melihat bahwa pengelolaan atas rantai pasokan material adalah proses sederhana. Namun sangat sedikit perusahaan yang dapat melihat ini sebagai bentuk atas proses pengendalian efisiensi perusahaan. Lalu bagaimana cara melakukan proses pengelolaan supply chain yang efektif tersebut dapat dilakukan.

Tahapan Pertama: Menjalankan fungsi cashflow stock

Ada pentingnya bagi perusahaan untuk melakukan proses perhitungan atas nilai supply yang masuk ke dalam perusahaan dan dihitung sebagai investasi perusahaan. Tentu saja sebagai investasi, adalah tugas penting bagi perusahaan untuk dapat memberikan nilai “lebih” atas stock tersebut sebagai bentuk investasi perusahaan. Nilai lebih yang dapat dikembangkan adalah dalam bentuk proses “stock out” yang dapat memberikan nilai lebih bagi perusahaan.

Tahapan Kedua: Pengelolaan Service Level

Apabila proses pengelolaan stock sebagai investasi tidak dapat dikembangkan secara optimal, maka ada baiknya bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan “nilai” kecepatan dari proses pelayanan produk kepada pelanggan.  Adapun proses pengembangan jasa tersebut adalah dengan memastikan tingkat pelayanan menjadi lebih maksimal, termasuk ketepatan dan keakurasi dari proses stock in dan stock out.

Tahapan Ketiga: Efisiensi

Memastikan konsep cashflow yang positif adalah penting untuk dijalankan. Peningkatan nilai retensi stock yang tinggi dalam perusahaan menunjukkan adanya masalah efisiensi dalam perusahaan.  Proses stock in dan stock out yang seimbang serta proporsi standar penyimpanan stock yang tepat menjadi bagian penting dalam proses pengelolaan manajemen rantai pasokan.

Tahapan Keempat: Integrasi Manajemen

Secara prinsip pengaturan atas stock in dan stock out adalah murni kerja interaksi dalam organisasi. Perusahaan harus dapat menempatkan fungsi dan kinerja organisasi secara tepat dan efektif untuk dapat memastikan integrasi manajemen dijalankan.

Bagaimana proses pengelolaan manajemen supply chain dalam perusahaan Anda? Lakukan proses perbaikan dan pengelolaan rantai supply chain yang tepat agar perusahaan Anda menjadi lebih baik. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s