Menjalankan Program Efisiensi Melalui ISO 9001:2015

Banyak perusahaan menjalankan program ISO 9001:2015 hanya untuk mendapatkan sertifikasi saja, namun sedikit sekali perusahaan yang mempergunakan ISO 9001:2015 sebagai program perbaikan yang dijalankan dalam perusahaan. Padahal dengan mempergunakan ISO 9001:2015, banyak program perbaikan yang dapat dilakukan melalui program sertifikasi ISO 9001:2015.

Melihat pentingnya efisiensi yang akan dijalankan dalam perusahaan, berikut ini adalah beberapa modifikasi dari program sertifikasi ISO 9001:2015 yang dapat dipergunakan untuk dapat diimplementasikan dalam perusahaan.

(1) Mengidentifikasi Resiko Loss dan Kerugian Perusahaan

Dalam penerapan ISO 9001:2015, identifikasi terkait dengan status resiko loss dan kerugian perusahaan dapat dijalankan sebagai proses analisis pendahuluan sebelum mendesain sistem.  Dimana proses identifikasi resiko dilakukan analisis secara menyeluruh untuk melihat tahapan proses dalam perusahaan yang terkait dengan resiko loss dan kerugian.

(2) Mendesain Sistem untuk Mengendalikan Loss dan Kerugian Perusahaan

Menyusun sistem yang dipergunakan untuk mengendalikan status loss dan kerugian yang muncul dalam perusahaan, dimana proses pengendalian atas loss dan kerugian tersebut dapat terkelola dengan tepat dan efektif. Dimana bagaimana sistem dapat dijalankan secara tepat.

(3) Melakukan Evaluasi atas Sistem

Menetapkan sistem penurunan resiko ke dalam suatu ukuran target yang ditetapkan proses pengendalian atas loss dan kerugian yang muncul dalam perusahaan. Bagaimana proses penetapan atas sistem yang tepat dan efektif dijalankan dalam perusahaan.

(4) Meningkatkan Daya Dukung Atas Efisiensi

Daya dukung yang atas efisiensi adalah penting untuk dapat memaksimalkan hasil yang diharapkan. Beberapa pertimbangan yang dijalankan untuk dapat secara terus-menerus meningkatkan efisiensi dapat diatur menjadi poin. Penyusunan alat ukur seperti KPI dan BSC (Balanced Score Card) dapat menjadi alat ampuh untuk memperbaiki daya dukung yang dimaksud.

Apabila saat ini Anda telah memiliki ISO 9001:2015, adalah sangat penting bagi perusahaan untuk dapat memaksimalkan bisnis dan mengurangi resiko dari ketidakefisienan perusahaan, dimana Anda dapat mempergunakan ISO 9001:2015 sebagai salah satu alat penting bagi perusahaan. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk dapat mengembangkan efisiensi perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s