Panduan Menetapkan Kebijakan Keuangan

Bagi banyak perusahaan, selain dengan menggunakan Standard Operating Procedure, adalah penting untuk menerbitkan kebijakan keuangan.  Dalam beberapa kondisi penetapan kebijakan keuangan adalah prasyarat mutlak yang sangat perlu ditekankan akan kepatuhan sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

Berikut adalah panduan penting yang dapat dijadikan pegangan dalam menyusun kebijakan keuangan.

(1) Kebijakan Mengenai Pembentukan Anggaran

Perusahaan harus dapat memastikan tata cara dalam proses pembentukan/ penyusunan anggaran.  Proses alokasi dan penetapan bagaimana anggaran terbentuk dijelaskan dalam kebijakan.  Konsep perencanaan anggaran ada baiknya dilakukan proses verifikasi terhadap batasan yang dipergunakan dalam penyusunan anggaran tersebut.

(2) Kebijakan Mengenai Pengendalian Biaya

Bagaimana proses penggunaan biaya dapat diajukan. Proses penetapan authorisasi itu sendiri menjadi strategi penting. Tentang bagaimana biaya diperhitungkan, proses pemantauan akan penggunaan biaya serta proses perbaikan yang berhubungan dengan penggunaan biaya tersebut. Penetapan seluruh biaya yang digunakan dalam perusahaan adalah menjadi suatu nilai strategis yang penting

(3) Kebijakan Mengenai Proses Pencatatan Keuangan

Penyusunan kebijakan terkait dengan administrasi pencatatan keuangan adalah penting.  Dalam beberapa kondisi status perusahaan harus dapat memastikan seluruh proses pencatan keuangan menjadi dasar dari kepentingan perusahaan dalam melakukan proses alokasi pengendalian manajemen operasional perusahaan. Ada baiknya seluruh sistem operasional perusahaan ditetapkan kebijakan dan prasyarat administrasi keuangan.

Bagaimana penetapan kebijakan keuangan dalam perusahaan Anda, adalah menjadi hal penting dan strategis bagi perusahaan untuk menyusun kebijakan keuangan yang tepat dan efektif. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s